Ternyata Sel Otak Manusia Terus Bereproduksi hingga Lansia

Ternyata Sel Otak Manusia Terus Bereproduksi hingga Lansia
Tips Lansia Menjaga Gizi saat Berpuasa. Ilustras Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - Apakah orang dewasa bisa membuat sel-sel otak baru, telah menjadi topik perdebatan terus-menerus. Sebuah studi baru menawarkan harapan bagi otak kita yang menua dengan penemuan bahwa orang dewasa terus membuat neuron bahkan di usia lanjut.

Neuron membantu kita melakukan fungsi sehari-hari dengan mengirim pesan dari otak kita ke tubuh.

Hingga tahun 1960-an, para ilmuwan percaya bahwa manusia berhenti membuat neuron tidak lama setelah lahir, Scientific American melaporkan pada Maret 2018.

Namun ketika penelitian berkembang, para ilmuwan menemukan lebih banyak bukti untuk menunjukkan bahwa otak kita terus berevolusi.

Bulan lalu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature menantang keyakinan ini dengan sebuah penelitian yang menentukan otak orang dewasa tidak memiliki jejak neuron baru.

Kini, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Stem Cell menunjukkan bahwa otak kita terus membuat neuron di hippocampus seiring bertambahnya usia.

"Ini telah terbukti membantu dalam membuat kenangan dan mengelola emosi selama masa-masa sulit," kata rekan penulis studi, Dr. Maura Boldrini dari Universitas Columbia, seperti dilansir laman MSN, Rabu (30/5).

Mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana otak kita berubah seiring bertambahnya usia juga bisa memberikan perawatan penyakit Parkinson dan Alzheimer yang baru.

Sebuah studi baru menawarkan harapan bagi otak kita yang menua dengan penemuan bahwa orang dewasa terus membuat neuron bahkan di usia lanjut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News