Ternyata, Total Sudah Empat Harimau yang Mati

Ternyata, Total Sudah Empat Harimau yang Mati
Dua anak harimau Sumatera yang baru berumur enam bulan mati karena menderita sakit di Taman Marga Satwa Budaya dan Kinantan (TMSBK) atau Kebun Binatang Bukittinggi. Foto: NANDA/PADANG EKSPRES/JPNN.com

jpnn.com - BUKITTINGGI – Bukan hanya dua anak Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) yang mati di Taman Marga Satwa Budaya dan Kinantan (TMSBK) Bukittingi, Sumbar, pada akhir bulan Juni dan awal bulan Juli lalu. 

Ternyata, dua anak Harimau Dahan yang ada di objek wisata tersebut juga telah terlebih dahulu mati sekitar Akhir April dan awal Mei lalu. 

Dengan diketahui kematian anak harimau dahan tersebut, total koleksi harimau yang tewas sejak empat bulan terakhir berjumlah empat ekor.

Kepala Bidang TMSBK Bukittinggi, Ikbal mengatakan keempat hewan ini mati dengan mengalami penyakit yang sama, yang oleh dokter hewan TMSBK disebut dengan adanya kelainan genetik.

“Yang duluan mati sebenarnya adalah anak harimau dahan, yang satu mati pada akhir April lalu, dan satu lagi pada awal Mei. Tanggal pastinya saya tidak ingat. Yang jelas dari hasil pemeriksaan awal menurut dokter hewan kita, kedua anak harimau dahan ini mengalami kelainan genetik,” terang Ikbal saat ditemui di TMSBK, Sabtu (16/7) sore.

Ikbal membeberkan, pada awalnya kelainan anak-anak harimau dahan ini sebenarnya sudah diketahui sejak dalam kandungan. 

“Jujur saya katakan, sebenarnya induk harimau dahan ini memiliki tiga anak yang di kandungnya, namun satu mati dalam kandungan, satu lagi prematur, dan satu lagi lumayan sehat namun tidak bertahan lama,” beber Ikbal sembari mengakui kesalahannya karena terlambat memberitahukan ke  publik terkait kematian hewan tersebut.

Meski lahir dalam keadaan seperti itu sambung Ikbal, pihaknya telah berusaha untuk melakukan berbagai upaya untuk menolong keselamatan anak harimau dahan tersebut.

BUKITTINGGI – Bukan hanya dua anak Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) yang mati di Taman Marga Satwa Budaya dan Kinantan (TMSBK) Bukittingi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News