Terorisme Ancam Islam dan NKRI

Terorisme Ancam Islam dan NKRI
Terorisme Ancam Islam dan NKRI
JAKARTA - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Hasyim Muzadi menilau berkembangnya terorisme dan kelompok Negara Islam Indonesia (NII) di Indonesia belakangan ini sudah sangat membahayakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kekerasan, terorisme yang menggunakan karakter agama atau NII sudah sangat membahayakan keamanan masyarakat Islam dan negara karena telah digerakkan secara transnasional oleh negara lain yang menggunakan jalur ideologi garis keras,” kata Hasyim Muzadi di kantor International Conference of Islamic Scholar (ICIS), Jakarta Pusat, Selasa (26/4).

Gerakan tersebut, lanjutnya, telah merekrut banyak lapisan masyarakat  mulai dari kelas bawah hingga kalangan intelektual. Dalam perekrutan, kalangan yang bodoh dimilitankan, sedangkan dari kalangan intelektualnya dibelokkan pemikiran agamanya.

“Mereka bergerak melalui gerakan politik yang menggunakan demokrasi menuju teokrasi negara sebagai pengganti Pancasila, bahkan pressure massa untuk urusan agama,” ungkap Hasyim Muzadi.

JAKARTA - Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Hasyim Muzadi menilau berkembangnya terorisme dan kelompok Negara Islam Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News