Terpental, Anggito Mundur

Hatta Ingin Anggito Bertahan

Terpental, Anggito Mundur
Terpental, Anggito Mundur
JAKARTA - Bayangan Anggito Abimanyu duduk di kursi wakil menteri keuangan sirna sudah. Sempat digadang-gadang sebagai kandidat kuat, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) ini ternyata tak mendapat tempat. Keputusan mengejutkan pun diambil. Anggito mundur dari Kementerian Keuangan. Ditemui usai serah terima jabatan menteri keuangan di Kantor Kementerian Keuangan kemarin (20/5), Anggito tampak santai. Saat ditanya apakah keputusannya mundur dilandasi kekecewaan karena tidak terpilih sebagai wakil menteri? Inilah jawabannya. "Kan saya sudah bilang. Sejak enam bulan ini seharusnya saya sudah ditempatkan sebagai Wamen (wakil menteri keuangan, Red), tapi kan belum ada kepastian sampai sekarang. Jadi begitu ada Wamen yang definitif, ya sudah," ujarnya lirih.

Pada 6 Januari lalu, rencananya presiden akan melantik wakil menteri keuangan beserta beberapa wakil menteri lain. Saat itu, Anggito Abimanyu yang menjabat sebagai Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) disebut-sebut menjadi kandidatnya.

Namun, pelantikan Anggito ditunda karena saat itu dia masih berstatus PNS Eselon I B. Padahal, sesuai aturan, wakil menteri harus sudah berstatus PNS Eselon I A. Namun, pada 24 Februari lalu, Anggito sudah dinaikkan pangkatnya menjadi Eselon I A, sehingga pria yang dikenal jago dalam hal fiskal ini kini sudah memenuhi kriteria untuk menduduki kursi wakil menteri keuangan. Namun, ternyata, jabatan itu tak mampir ke Anggito. Menurut Anggito, dirinya sebenarnya sudah mengajukan pengunduran diri sejak beberapa waktu, bahkan sebelum Sri Mulyani menyatakan mundur sebagai menteri keuangan. "Tapi, baru hari-hari ini saya sampaikan," katanya.

Namun demikian, Anggito menyiratkan bahwa keputusan mundurnya bukan tanpa alasan. Jika mundurnya Sri Mulyani diibaratkan sebagai langkah kemenangan, lantas apa arti kemunduran Anggito" "Saya memberikan suara hati saja. Bahwa pasti siapapun akan punya sikap dan harga diri terhadap sesuatu. Saya tidak mau menghakimi siapa-siapa. Itu merupakan ungkapan saya sendiri," paparnya.

JAKARTA - Bayangan Anggito Abimanyu duduk di kursi wakil menteri keuangan sirna sudah. Sempat digadang-gadang sebagai kandidat kuat, Kepala Badan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News