Terpidana Korupsi Bandara Kembalikan Uang Negara Rp5,3 M

Terpidana Korupsi Bandara Kembalikan Uang Negara Rp5,3 M
Terpidana Korupsi Bandara Kembalikan Uang Negara Rp5,3 M

jpnn.com - BATAM KOTA - Terpidana kasus korupsi lampu run way Bandara Hang Nadim Batam yakni Idit Mujijat Tulkin akhirnya membayar uang pengganti atas kerugian negara. Direktur PT Mandala Darma Prida ini menyetor uang negara Rp 5347.251.200 melalui Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam. 

Kasi Pidsus Kejari Batam, Tengku Firdaus mengatakan perkara korupsi lampu run way Bandara Hang Nadim Batam yang mengakibatkan negara merugi Rp 5347.251.200 telah inkrah. Karena itu, sesuai putusan majelis hakim Pengadilan Tipikor Tanjung Pinang, Idit membayar uang penganti kerugian negara tersebut. 

"Idit membayar uang ganti rugi kepada kita tanggal 7 Juli lalu. Dan kemarin (Rabu, red), kita sudah setorkan uang itu ke kas negara," kata Firdaus di ruang kerjanya kemarin.

Menurut dia, dalam surat putusan, majelis hakim menyatakan Idit terbukti bersalah melanggar Pasal 3 jo pasal 18 ayat 1 huruf a dan b ayat 2 dan 3 undang2 no 31 no 1999, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi  jo pasal 55 jo pasal 64 KUHP. Karena terbukti bersalah, majelis hakim menjatuhkan vonis empat tahun serta denda Rp 400 juta dan apabila denda tak dibayar diganti empat kurungan.

Majelis hakim juga membebankan Idit agar membayar uang penganti secara keseluruhan Rp 5347.251.200, dengan ketentuan apabila uang penganti tak dibayar dalam waktu satu bulan maka diganti 3 tahun. Dan dalam hukuman uang penganti tersebut, hakim juga mewajibkan Idit membayar denda Rp 200 juta subsider empat bulan.

"Uang penganti dibebankan kepada Idit, karena dia sebagai pemenang lelang dan pihak yang bertanggungjawab dalam pengadaan tersebut. Putusan itu inkrah tanggal 19 Juni lalu, dan idit telah membayar uang penganti sebelum jatuh tempo,"terang  Firdaus.

Selain itu, Idit juga membayar denda atas uang penganti Rp 200 juta. Atas dibayarnya denda, Idit tak harus menjalani hukuman tiga tahun dan subsider empat bulan.

"Sebenarnya uang yang disetor ke kita kemarin Rp 4.547.256.200,  tapi sebelum penuntutan kemarin, terdakwa sempat menitipkan uang ke kita sebesar Rp 1 miliar. Dan jadi
total uang yang disetor bersamaan dengan denda Rp 5.547.256.200," sebut Firdaus.

BATAM KOTA - Terpidana kasus korupsi lampu run way Bandara Hang Nadim Batam yakni Idit Mujijat Tulkin akhirnya membayar uang pengganti atas kerugian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News