Terpilih Jadi Ketum ASKALSI, Suharyoto Dorong Pentingnya SKKL

Terpilih Jadi Ketum ASKALSI, Suharyoto Dorong Pentingnya SKKL
EGM Service Operation PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Suharyoto terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Sistem Komunikasi Kabel Laut Seluruh Indonesia (ASKALSI). Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - EGM Service Operation PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Suharyoto terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Sistem Komunikasi Kabel Laut Seluruh Indonesia (ASKALSI).

Suharyoto menggantikan Chief Technology Officer Telin, Akhmad Ludfy lewat Musyawarah Luar Biasa (Munaslub) IV dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Rabu (6/12).

Suharyoto berkomitmen untuk memberikan gambaran dan kesadaran kepada semua stakeholder tentang betapa pentingnya Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL).

"SKKL bukan hanya infrastruktur nasional, tetapi juga pilar utama bagi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Mari bersama kita wujudkan visi tata kelola pemerintahan yang bersih, inovatif, dan terbuka,” ujar Suharyoto.
 
Selain penetapan Ketua Umum ASKALSI yang baru, pada Munaslub juga disampaikan hasil kajian rasionalisasi perizinan dan pungutan di sektor telekomunikasi untuk mencapai pemerataan dan keadilan konektivitas di Indonesia.

Kajian ini disusun oleh Forbil Institute & Tritech Consult Bandung sebagai kerja sama ASKALSI dengan asosiasi lainnya (ATSI, APJII, dan APJATEL). Hasil kajian tersebut salah satunya membahas biaya regulasi di industri telekomunikasi saat ini telah melebihi 14 persen. ASKALSI berharap pemerintah dapat menurunkan beban regulasi menjadi di bawah 10 persen demi kesehatan industri telekomunikasi yang menjadi pendorong bagi industri lainnya.

Agenda Munaslub turut dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Dewan Pengawas ASKALSI Marwan O. Baasir, Sekretaris Jenderal ASKALSI Resi Y. Bramani, dan jajaran pengurus ASKALSI.

 Dewan Pengawas ASKALSI, Marwan O. Baasir menyampaikan tantangan kompleks di dunia komunikasi membutuhkan ASKALSI untuk memimpin dengan integritas dan inovasi.

"Saya berharap agar ASKALSI terus mengembangkan infrastruktur, meningkatkan keamanan, dan memelihara standar tinggi dalam pelayanan untuk mendukung konektivitas yang andal dan efisien di seluruh Indonesia," katanya.

Dalam kesempatan itu, ASKALSI juga meresmikan kantor sekretariat baru di The Telkom Hub

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News