Tersedia 360 Beasiswa OSC di 18 PTS Ternama

Tersedia 360 Beasiswa OSC di 18 PTS Ternama
Ilustrasi mahasiswa wisuda. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 360 kuota beasiswa senilai Rp 30 miliar dari 18 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) favorit di Jawa hingga Sulawesi siap diperebutkan dalam program Online Scholarship Competition (OSC) 2018. Pendaftaran melalui situs osc.medcom.id resmi dibuka hari ini (30/8).

Direktur Utama Medcom.id, Mirdal Akib mengatakan program beasiswa OSC sudah memasuki tahun ke-4 penyelenggaraannya. Minat PTS untuk memberikan beasiswa melalui program ini pun terus meningkat setiap tahunnya.

“Alhamdulillah jumlah PTS pemberi beasiswa selalu bertambah sepanjang empat tahun penyelengaraan OSC. Tahun ini kita bekerja sama dengan 18 perguruan tinggi swasta ternama pemberi beasiswa dari Jawa sampai Sulawesi,” kata Mirdal dalam konpers di Jakarta, Kamis (30/8).

Dari 18 PTS, lanjutnya, masing-masing akan memberikan 20 beasiswa di hampir seluruh program studi (prodi) yang ada di kampus tersebut. Biaya pendidikan akan ditanggung oleh universitas, mulai dari uang gedung dan uang kuliah, dari awal sampai selesai (S1).

Direktur Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kemenristekdikti, Didin Wahidin menyatakan siap mendukung penuh program beasiswa OSC. Program ini, kata Didin, tidak hanya positif, tapi juga diyakini mampu membantu pemerintah dalam mendongkrak Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi.

Didin mengatakan, kementeriannya mendapat amanah untuk meningkatkan APK pendidikan tinggi yang sekarang masih berada di angka 32 %.

Salah satunya dengan menggunakan anggaran fungsi pendidikan yang ada di Kemenristekdikti, agar lulusan SMA dan SMK sederajat dapat mengakses pendidikan tinggi melalui jalur beasiswa.

"Kemenristekdikti memiliki beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik), beasiswa Prestasi Ekstrakurikuler, dan lain sebagainya," sebut Didin.

Program beasiswa OSC sudah memasuki tahun ke-4 penyelenggaraannya dan terus meningkat setiap tahunnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News