Terungkap Cara Fakhri Bentuk Nyali Berani Skuat Timnas U-16

Terungkap Cara Fakhri Bentuk Nyali Berani Skuat Timnas U-16
Sejumlah pemain Timnas U-16 Indonesia melakukan latihan di Wisma FAM pada Kamis (20/9) sore. Foto: Ahmad Khusaini/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Fakhri Husaini dipercaya sebagai pelatih Timnas U-16 Indonesia. Selain dikenal tegas dan disiplin, pelatih asal Lhokseumawe itu juga merupakan sosok yang kebapakan dan sering berbagi cerita sejarah negara calon lawan yang akan dihadapi.

Ternyata, itu bagian dari trik Fakhri agar memberikan ketenangan bagi tim asuhannya. Itu diungkapkan psikolog Indonesia U-16 Laksmiari Saraswati.

”Bagi Coach Fakhri, jangan hanya melihat teknik dan taktik. Kami juga harus tahu latar belakang negara tersebut,” ucap wanita yang kerap disapa Asti itu.

Cara yang diterapkan Fakhri itu terbukti ampuh. David Maulana dkk jarang terpancing emosi ketika bentrok di lapangan. Buktinya saat berhadapan Iran yang bermain kasar di lapangan, mereka sama sekali tidak terprovokasi. Mereka juga tak membalas cara main kasar lawan.

”Coach Fakhri itu kan hafal sejarah. Jadi, sebelum lawan Iran itu dia juga menceritakan bagaimana karakter rumpun Timur Tengah. Coach Fakhri mengajarkan bagaimana karakter negara lawan,” ucap Asti.

Selain itu, pembentukan mental Garuda Asia juga dapat dibilang cukup oke. Bermain dengan Iran yang secara postur jauh lebih tinggi, tidak membuat skuadnya keder. Fakhri selalu menanamkan rasa percaya diri kepada tim asuhannya.

BACA JUGA: Timnas U-16 Indonesia vs Vietnam: Apa Kabar Supriadi?

Salah satu prinsip yang tanamkan kepada skuadnya yakni, ”selama lawan yang kita hadapi berkaki dua, bertangan dua, dan berkepala satu, jangan pernah takut.”

Fakhri Husaini selalu menanamkan rasa percaya diri dan bernyali berani pada diri skuat Timnas U-16 Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News