JPNN.com

Terungkap, Modus Baru Bobol Mesin ATM, Caranya Sederhana

Kamis, 15 Desember 2016 – 07:30 WIB Terungkap, Modus Baru Bobol Mesin ATM, Caranya Sederhana - JPNN.com

JAKARTA – Terungkap modus baru pembobolan uang milik bank. Pelaku cukup memasukkan kelima jarinya ke dalam lubang keluarnya uang pada mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) persis ketika uang sedang keluar. Namun kerugian bank akibat ulah pelaku mencapai Rp 1,9 miliar.

Hal tersebut dilakukan NMK alias ALF, 43, yang mengaku sudah ratusan kali beraksi menggunakan modus yang sama hingga akhirnya dirinya tertangkap.

Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya AKBP Budi Hermanto menjelaskan, NMK yang warga Kampung Bumi Aji Lampung kecamatan Lampung Tengah ditangkap beberapa hari lalu.

Menurut Budi, NMK adalah mantan sales nasabah bank swasta nasional, yang juga memiliki tabungan BCA dan kartu ATM BCA.

”Nah, jadi dia (tersangka) berulangkali melakukan transaksi tarik tunai di mesin ATM BCA. Namun ketika uang dari mesin ATM hendak keluar, dia memasukkan tangannya ke dalam lubang tempat keluarnya uang pada mesin ATM itu sehingga uang yang akan keluar tertahan. Tujuannya agar rekening atau saldo pelaku tetap utuh tidak terdebet. Tapi di saat kartu ATM-nya keluar barulah dia mengambil uang yang sudah (telanjur) keluar di lubangnya,” terang Budi di Mapolda Metro Jaya, Rabu (14/12).

Ia menambahkan, dalam pemeriksaan penyidik diketahui kalau pelaku jjuga menggunakan kartu ATM-nya di berbagai mesin ATM yang masuk ke dalam jaringan ATM Bersama. Di antaranya ATM Bank BNI, ATM BRI, serta ATM Bank Mandiri.

Kepada penyidik NMK mengaku sudah beraksi dalam setahun terakhir dan lebih dari 100 kali beraksi di berbagai bank yang ada di Jakarta, dengan keuntungan haramnya yang mencapai Rp 1,9 miliar.

Kepada penyidik pula NMK mengaku mempelajari pembobolan ATM itu dari Google Hacker ATM.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...