Terungkap Penyebab Banjir di Tol Cipali

Terungkap Penyebab Banjir di Tol Cipali
Anggota Satlantas Polres Indramayu saat mengatur kendaraan yang melintas di KM 136 Tol Cipali. Foto:Antaranews

jpnn.com, MEDAN - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap penyebab banjir di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jawa Barat, di kilometer 136. Menurut dia, penyebab banjir karena galian C di sekitar sungai yang dilintasi tol tersebut.

"Untuk mengatasi hal ini, Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait pengelolaan saluran air oleh pengembang tol," katanya di Medan saat melakukan kunjungan kerja di Stasiun Kereta Api Medan, Sabtu (4/1).

Selain itu, Kementeri Perhubungan juga meminta Kementerian PUPR agar pengelola jalan tol memperdalam sistem saluran air, sehingga kejadian seperti Tol Cipali kilometer 136 yang kebanjiran tidak terulang kembali.

Ke depan, menurut dia, pengelola tol tidak hanya mengelola jalannya saja, namun juga melakukan pengamatan pada sungai-sungai di sekitar ruas tol.

Instruksi itu, kata Menhub, sudah sesuai dengan standar operasional prosedur yang ditetapkan oleh kementerian guna merespons peristiwa tol yang tergenang air akibat banjir.

Saat hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya, Selasa (31/12) hingga Rabu (1/1), tol ini memang sempat dilanda kebanjiran. Genangan air diperkirakan mencapai 50 cm. (antara/jpnn)

VIDEO VIRAL: Ngeri, Awan Gelap Selimuti Langit Jakarta

Ke depan, pengelola tol tidak hanya mengelola jalan saja tapi juga juga melakukan pengawasan pada sungai-sungai sekitar tol.


Redaktur & Reporter : Fajar W Hermawan

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News