Teruslah Sebar Pesan Perdamaian di Dunia Maya

Teruslah Sebar Pesan Perdamaian di Dunia Maya
Ilustrasi Facebook. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak  menilai penyebaran pesan persatuan dan perdamaian di media sosial (medsos) harus terus digalakkan.

Namun, dia mengingatkan ada dua hal yang harus dirawat dalam berinteraksi di medsos.

Pertama nalar atau akal yang sehat untuk melakukan filterisasi terhadap narasi yang diproduksi banyak kelompok yang cenderung ekstremisme.

“Akal yang sehat ini akan membuat filterisasi mana yang baik untuk Indonesia dan mana yang baik untuk anak muda khususnya, juga untuk masyarakat secara keseluruhan,” ujar Dahnil, Rabu (15/8).

Kedua, lanjut Dahnil, akhlak yang baik. Sebab, substansi dalam beragama adalah akhlak yang baik.

“Bagi saya, narasi ekstremisme adalah narasi yang tidak berkesesuaian dengan nilai akhlak yang baik dalam Islam. Oleh sebab itu, rawat akal sehat, hadirkan akhlak yang baik dalam untuk menjaga persatuan dan kesatuan, terutama di media sosial,” kata Dahnil.

Menjelang peringatan HUT ke-73 RI, Dahnil juga mengajak generasi muda untuk mengingat sejarah.

Selain itu, dia juga mengajak generasi muda menjadikan HUT ke-73 RI sebagai momentum memaknai bahwa persatuan dan kesatuan Indonesia terbentuk karena dialog serta akal sehat.

Dahnil Anzar Simanjuntak menilai penyebaran pesan persatuan dan perdamaian di media sosial (medsos) harus terus digalakkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News