Tes CPNS 2018: Pelamar Formasi Tenaga Teknis Gagal Semua

Tes CPNS 2018: Pelamar Formasi Tenaga Teknis Gagal Semua
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Radar Tarakan/JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) tes CPNS 2018 di Pemkot Balikpapan yang digelar 10-14 November sangat tidak memuaskan.Dari ribuan pendaftar, hanya 141 orang yang nilainya lolos ambang batas (passing grade). Padahal, formasi yang dibutuhkan Pemkot Balikpapan sebanyak 189 orang.

Dengan jumlah peserta yang mengikuti SKD sebanyak 3.108, berarti tingkat kelulusan tak sampai 5 persen. Dua sub-tes, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK) dan tes intelegensi umum (TIU) sejatinya bisa dilewati peserta. Namun, mayoritas peserta gagal dalam tes karakteristik pribadi (TKP). Dengan hasil ini, berarti bakal banyak formasi yang tak terisi.

Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Balikpapan, Anik Murini menjelaskan, peserta yang lulus di bidang tenaga pengajar cukup rendah, meski tak menyebut secara pasti jumlahnya.

Terutama penempatan SD. Padahal jumlah formasi untuk tenaga kependidikan ini paling banyak dibanding bidang lain. Sementara beberapa formasi teknis malah kosong sebab tak ada peserta yang melampau passing grade.

“Dari 141 yang masuk passing grade, 112 peserta berasal dari Balikpapan, dan 29 orang dari luar kota. Samarinda, Paser, dan Pulau Jawa," ujarnya.

"Pihak provinsi yang melapor ke pusat terlebih dahulu. Kami harap ada angin segar, agar peserta dengan nilai tinggi mengikuti SKB dan memenuhi kuota 189. Sehingga tidak ada formasi yang kosong," beber Anik.

Dia belum dapat memberi kepastian terkait tanggal pelaksanaan SKB. "Semoga saja dalam waktu dekat," pungkasnya. (lil/rsh/k15)


Dari ribuan peserta SKD tes CPNS 2018 di Kota Balikpapan, hanya 141 orang nilainya melampuai passing grade.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News