Ini Mekanisme Penentuan Peserta Tes CPNS Lolos ke SKB

Ini Mekanisme Penentuan Peserta Tes CPNS Lolos ke SKB
Peserta tes CPNS menunggu giliran mengikuti SKD. Foto: Radar Tarakan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para peserta tes CPNS yang tidak lulus seleksi kompetensi dasar (SKD) bisa melaju ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) asalkan memenuhi ketentuan yang diatur dalam PermenPAN-RB Nomor 61 Tahun 2018 pasal 5.

"Peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang harus mengikuti beberapa ketentuan," sebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin dalam PemenPAN-RB yang ditetapkan 19 November itu.

Adapun ketentuannya, pertama, peserta berperingkat terbaik sesuai dengan jenis formasi jabatan diikutsertakan SKB paling banyak 3 kali jumlah alokasi formasi.

Kedua, apabila terdapat peserta yang mempunyai nilai kumulatif SKD sama, penentuan didasarkan secara berurutan mulai dari nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Ketiga, apabila terdapat peserta yang mempunyai nilai TKP, TIU, dan TWK sama, serta berada pada batas jumlah 3 kali alokasi formasi, keseluruhan peserta dengan nilai sama tersebut diikutsertakan.

Selanjutnya pada Pasal 6 disebutkan lagi, peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang berlaku ketentuan sebagai berikut:

a. peserta yang telah memenuhi nilai ambang batas berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar, diikutsertakan sebagai peserta SKB kelompok pertama;

b. apabila jumlah peserta SKB pada kelompok pertama masih berada dibawah jumlah alokasi formasi, dibuat peserta SKB kelompok kedua yang berasal dari peserta lain yang Memenuhi ketentuan dan berperingkat terbaik;

PermenPAN RB Nomor 61 Tahun 2018 juga mengatur mekanisme penentuan peserta tes CPNS 2018 yang berhak lolos ke tahap SKB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News