Tetelo Hantui Perternakan Ayam Sampit

Tetelo Hantui Perternakan Ayam Sampit
Tetelo Hantui Perternakan Ayam Sampit
SAMPIT - Warga Jalan Perca Kelurahan Mentawa Baru Hulu Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), bisa sedikit tenang. Kematian puluhan ayam milik warga setempat beberapa hari terakhir ternyata bukan akibat avian influenza (AI) atau flu burung, melainkan karena penyakit newcastle desease (ND) atau tetelo.

Hal ini diperoleh setelah Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) melakukan pemeriksaan ayam-ayam yang mati mendadak tersebut untuk mengetahui penyebab kematian ayam-ayam itu. Pemeriksaan dilakukan dengan tes cepat menggunakan ravid test untuk mengetahui apakah ayam yang mati tersebut terjangkit flu burung atau tidak.

“Hasil pengecekan, ayam yang mati mendadak ini negatif flu burung. Penyebab kematian ayam-ayam ini adalah penyakit tetelo. Penyakit ini akibat virus dan biasanya menyerang unggas, baik ayam maupun bebek dan sejenisnya. Sedangkan penyakit tetelo ini memang marak terjadi,” kata dr Diah, petugas dari Distanak Kabupaten Kotim.

Meski bukan flu burung, mereka mengimbau agar peternak tetap mewaspadai penyakit tersebut. Cara menghindarinya adalah dengan membersihkan kandang, termasuk menyemprot dengan disinfektan agar kuman dan virus tidak mudah hinggap ke kandang menulari unggas.

SAMPIT - Warga Jalan Perca Kelurahan Mentawa Baru Hulu Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), bisa sedikit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News