Thailand Bakal Pulangkan Orang Utan Selundupan ke Indonesia

Thailand Bakal Pulangkan Orang Utan Selundupan ke Indonesia
Orang utan yang dievakuasi karena terdampak karhutla. Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, BANGKOK - Pemerintah Thailand akan memulangkan sejumlah orang utan Indonesia yang disita dari para penyelundup satwa liar. Hewan-hewan tersebut akan diserahkan ke penangkaran satwa liar yang ada di Kalimantan.

Ini kali ketiga negara itu memulangkan orang utan ke Indonesia setelah mengirim 14 ekor pada 2015 lalu dan dua ekor lainnya pada 2019.

Mengunjungi fasilitas konservasi satwa liar milik Departemen Taman Nasional, Konservasi Tumbuhan, dan Satwa Liar di Provinsi Ratchaburi, Thailand Tengah, Duta Besar Indonesia untuk Thailand Ahmad Rusdi pada Senin (3/2) mengucapkan terima kasih kepada para petugas margasatwa Thailand yang telah merawat orang-orang utan asal Indonesia.

Prateep Hermpitak, kepala kantor konservasi satwa liar regional, menuturkan bahwa Thailand telah memeriksa asal-usul para orang utan tersebut dan memberikan perawatan kesehatan kepada orang utan yang tersisa sebelum mereka dipulangkan.

Pemulangan orang utan oleh Thailand ke Indonesia berdasarkan aturan Konvensi Perdagangan Internasional untuk Tumbuhan dan Satwa Liar Spesies Terancam Punah (CITES) yang mengharuskan satwa liar hasil sitaan dikembalikan ke negara asalnya. (ant/dil/jpnn)

Thailand akan memulangkan sejumlah orang utan Indonesia yang disita dari para penyelundup satwa liar. Hewan-hewan tersebut akan diserahkan ke penangkaran satwa liar yang ada di Kalimantan.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News