The Eagles Gugat Hotel Califonia Atas Pelanggaran Hak Cipta

The Eagles Gugat Hotel Califonia Atas Pelanggaran Hak Cipta
The Eagles. Foto: AFP

jpnn.com - The Eagles dikabarkan menggugat sebuah hotel di Mexico karena memiliki nama yang sama dengan judul lagu hits mereka 'Hotel California'.

Band rock lawas yang dimotori Don Henley tersebut menuduh pengelola hotel telah melakukan pelanggaran hak cipta.

Diberitakan NME, nama Hotel California sebenarnya sudah digunakan hotel tersebut sejak 1950. Namun, sempat terjadi beberapa kali pergantian nama sampai akhirnya kembali menggunakan Hotel California pada 2001.

Sementara Eagles sendiri baru merilis lagu Hotel California pada 1976.

Pihak Eagles berargumen bahwa manajemen hotel berusaha membuat pengunjung mengira tempat tersebut memiliki kaitan dengan lagu paling terkenal mereka itu.

Hotel California dan lagu-lagu Eagles lainnya juga kerap diputar ketika ada tamu berkunjung.

"Tergugat menggiring konsumen dari Amerika Serikat untuk mempercayai bahwa hotel tersebut memiliki asosiasi dengan Eagles dan merupakan inspirasi bagi lirik lagu Hotel California," tulis pihak Eagles dalam surat gugatan tersebut.

Gugatan ini diajukan ke pengadilan pada Senin (1/5) lalu. Pihak Eagles mengharapkan ganti rugi dan penghentian semua kegiatan yang melanggar hak cipta.

The Eagles dikabarkan menggugat sebuah hotel di Mexico karena memiliki nama yang sama dengan judul lagu hits mereka 'Hotel California'.

Sumber NME

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News