Tiap Hari, 500 ribu Guru Bolos Mengajar

Tiap Hari, 500 ribu Guru Bolos Mengajar
Tiap Hari, 500 ribu Guru Bolos Mengajar
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mencatat bahwa dalam setiap hari, sekitar 500 ribu guru absen dari kewajiban mengajar tanpa alasan jelas. Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas), Fasli Jalal mengungkapkan, angkan tentang guru yang bolos mengajar sama dengan jumlah guru di Malaysia dan Thailand.

Jelas, temuan itu sangat disayangkan Fasli. Sebab, jika guru absen mengajar maka anak didik akan merugi selama satu hari tanpa ada transfer ilmu pengetahuan. "Padahal kan antara keduanya bersinergi untuk mencerdaskan bangsa," ujar Fasli di kantornya, Jumat (6/8).

Hanya saja, mantan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendiknas ini tidak menjelaskan di provinsi mana saja masalah absensi guru ini terjadi. Namun Fasli menyebutkan, hal itu terjadi di hampir semua daerah. “Merata di seluruh provinsi, kota besar dan kecil,” bebernya.

Tingginya jumlah absensi, kata Fasli, patut disesalkan karena rasio guru dan murid tidak sebanding. Akibatnya, proses belajar mengajar pun semakin terganggu karena jumlah guru cadangan juga terbatas. “Kenapa mereka tenang-tenang saja tanpa ada alasan saat tidak masuk" Masa mereka tidak masuk hanya karena menjemput tamu presiden atau wakil presiden di suatu acara,” ucapnya.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mencatat bahwa dalam setiap hari, sekitar 500 ribu guru absen dari kewajiban mengajar tanpa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News