Tiap Hari Bertambah 2 Ribu Jiwa

Tiap Hari Bertambah 2 Ribu Jiwa
FOTO: JPNN.com (Ilustrasi)

jpnn.com - PEKANBARU – Jumlah korban akibat asap di Riau terus bertambah. Dari data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, jumlah korban terpapar asap sudah mencapai 15.234 orang.

Sebanyak 12.262 jiwa adalah korban Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Jumlah korban ISPA terbanyak berada di kota Pekanbaru yang mencapai 2.160 orang.

Meski tidak memiliki lahan dan hutan yang luas, kabut asap di Ibukota Provinsi Riau ini memang kian parah.

Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, hal tersebut terjadi karena arah angin yang membawa asap berkumpul di Pekanbaru.

Mengenai data korban asap, Dinkes mencatat terjadi kenaikan hampir 5.848 orang dibanding dua hari sebelumnya yang hanya berjumlah sekitar 9.386 orang. Artinya dalam satu hari saja, jumlah korban terpapar asap bisa bertambah hingga dua ribu lebih.

“'Setiap hari penambahannya cukup besar,”  kata Kepala UPT Penanggulangan Krisis Dinkes Riau, Jhon Kenedi kepada Pekanbaru Pos (Grup JPNN), Senin (7/9).

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau Andra Sjyafril, mengatakan bahwa keseluruhan korban tersebut sudah mendapatkan perawatan dari Diskes masing-masing kabupaten/kota.

Sedangkan untuk status udara sampai saat ini, ia menyatakan masih sangat tidak sehat dan berbahaya. Namun, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan status tanggap darurat.

PEKANBARU – Jumlah korban akibat asap di Riau terus bertambah. Dari data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, jumlah korban terpapar asap sudah mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News