Tiap Satu Jam Wajib Pukul Jeruji Besi Tahanan

Tiap Satu Jam Wajib Pukul Jeruji Besi Tahanan
Ilustrasi penjara. Foto: JPNN

jpnn.com, BANJARMASIN - Demi mencegah larinya para tahanan, petugas penjagaan di Mapolresta Banjarmasin selalu melakukan kontrol setiap satu jam sekali.

Selain melakukan kontrol, di ruang tahanan dilengkapi kamera CCTV yang tersembunyi untuk memantau segala aktivitas para tahanan.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Anjar Wicaksana menyatakan, sesuai anjuran Kapolda Kalsel, petugas yang memeriksa diwajibkan memukul jeruji besi sel agar bisa mengetahui apakah jeruji besi itu dalam kondisi bagus atau tidak.

''Setiap kali mengontrol, petugas wajib memukul jeruji besi saat lewat. Apabila jeruji besi rusak, bunyinya akan beda,'' ungkapnya.

Dia juga menuturkan bahwa setiap tahanan wajib memakai baju seragam tahanan dan tidak diperbolehkan memakai baju pribadi.

Tujuannya, petugas bisa membedakan antara tahanan dan pembesuk.

''Selain itu, saat pembesuk ke tahanan, petugas harus memeriksa makanan yang dibawa dengan teliti. Tujuannya, menghindari pembesuk memasukkan barang terlarang ke rutan,'' ucapnya.

Anjar menambahkan, untuk membina para tahanan, hak mereka harus diberikan dan diperlakukan dengan pantas walaupun mereka orang bermasalah.

Demi mencegah larinya para tahanan, petugas penjagaan di Mapolresta Banjarmasin selalu melakukan kontrol setiap satu jam sekali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News