Tiap Tahun Rp 60 Triliun Hanya Buat Pensiun

Kuasai Sepertiga Belanja Pegawai

Tiap Tahun Rp 60 Triliun Hanya Buat Pensiun
Tiap Tahun Rp 60 Triliun Hanya Buat Pensiun
JAKARTA - Perubahan sistem pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi agenda mendesak pemerintah. Tanpa perubahan pola pembayaran pensiun, anggaran negara bisa jebol di kemudian hari.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan, jumlah PNS yang memasuki usia pensiun tumbuh 3 persen per tahun. Ada sekitar 130 ribu pensiunan PNS yang menjadi tanggungan pemerintah tiap tahun. "Anggarannya lebih dari Rp 60 triliun," kata Azwar di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (30/7).

Anggaran tersebut sudah mencapai sepertiga dari belanja pegawai di APBN. Azwar mengatakan, dalam belasan tahun ke depan, jika masih menggunakan sistem saat ini, anggaran pensiun bisa menembus Rp 160 triliun lebih. "Maka kita atur, ke depan pensiun apakah tetap seperti sekarang atau seperti swasta," katanya.

Pembengkakan anggaran pensiunan dan tunjangan hari tua, kata Anny, disebabkan jumlah PNS yang terus bertambah, serta meningkatnya gaji pokok yang menjadi dasar perhitungan pensiun. Selama ini, besaran pensiun yang dibayarkan didasarkan pada gaji pokok terakhir.

      

JAKARTA - Perubahan sistem pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi agenda mendesak pemerintah. Tanpa perubahan pola pembayaran pensiun, anggaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News