Tiba di Aceh, Jokowi Langsung Temui Ulama

Tiba di Aceh, Jokowi Langsung Temui Ulama
Presiden Joko Widodo bersilaturahmi dengan ulama se-Aceh di Banda Aceh, Jumat (14/12). Foto: Biro Pers

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kegiatan kunjungan kerja di Banda Aceh dengan bersilaturahmi bersama para perwakilan ulama se-Provinsi Aceh, di Ballroom Hotel Hermes Palace.

Pada kesempatan itu, Presiden ketujuh RI tersebut merasa senang bisa berkumpul dengan para ulama. "Alhamdulillah saya berbahagia sekali pagi hari ini saya bisa bersilaturahmi dengan Yang Mulia Para Ulama," ujar Presiden.

Dalam pertemuan yang dihadiri sekira 105 ulama tersebut, Jokowi menjelaskan mengenai Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren dan Pendidikan Keagamaan. Menurutnya, pemerintah berkomitmen agar RUU ini bisa diselesaikan secepatnya.

"Ini memang pemerintah terus mendorong agar bisa diselesaikan karena itu adalah sebuah payung hukum besar," kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Dia menjelaskan bahwa RUU tersebut disusun untuk mencapai tujuan jangka panjang dalam membangun dan mengembangkan pendidikan pesantren dan keagamaan di tanah air.

Berdasarkan data yang diterima Presiden, saat ini jumlah pondok pesantren di Tanah Air mencapai 28 ribu. Nah, RUU tersebut akan menjadi payung hukum bagi pemerintah dalam mengakokasikan anggaran untuk menunjang kegiatan di Ponpes.

“Apabila negara ingin memberikan anggaran kepada pondok pesantren, baik dalam rangka pembangunan pondok, baik, misalnya, untuk guru-guru ngaji yang ada di dalam pondok,” tuturnya.

Selain membahas RUU Pesantren, sejumlah masalah kebangsaan juga menjadi topik diskusi dalam pertemuan tersebut, antara lain soal Islam Wasatiyyah atau Islam jalan tengah yang dibahas dalam KTT Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia, di Bogor pada Mei 2018 lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kegiatan kunjungan kerja di Banda Aceh dengan bersilaturahmi bersama para perwakilan ulama se-Provinsi Aceh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News