Tiba-tiba Buka Keran Impor Beras, Ada Apa Ini?

Tiba-tiba Buka Keran Impor Beras, Ada Apa Ini?
Petani di sawah. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan membuka keran mpor beras sebanyak 500 ribu ton dari Vietnam dan Thailand.

Alasannya klasik, untuk mengamankan kebutuhan pangan dan hajat perut rakyat, serta menjaga stabilitas harga beras di pasaran.

Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo menilai, langkah pemerintah tersebut menimbulkan banyak kejanggalan dan tanda tanya.

Dia mempertanyakan kenapa pemerintah tiba-tiba melakukan impor beras di saat kondisi pangan terbilang stabil.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman pernah bilang tidak akan melakukan impor beras setidaknya hingga pertengahan 2018 karena produksinya mencukupi.

Selain itu, pemerintah juga memiliki serapan beras delapan ribu hingga sembilan ribu ton per hari. Bahkan di beberapa daerah mengalami surplus beras. "Impor beras adalah bentuk mengkhianati petani kita sendiri," kata Edhy.

Politikus Partai Gerindra itu menambahkan beberapa waktu lalu pemerintah berani tidak melakukan impor beras meski musim kemarau melanda.

Mengapa saat kondisi iklim sedang normal seperti sekarang ini malah melakukan impor beras besar-besaran. "Ada apa di balik semua ini?" tanya dia.

Mentan Amran Sulaiman pernah mengatakan pemerintah tidak akan melakukan mpor beras setidaknya hingga pertengahan 2018 karena produksinya mencukupi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News