Tidak Bermasker, Pedagang di Tangsel: Kan Sudah New Normal

Tidak Bermasker, Pedagang di Tangsel: Kan Sudah New Normal
Ilustrasi New Normal. Foto ilustrasi: Ardisa Barack/JPNN

jpnn.com, TANGSEL - Tatanan kehidupan baru (new normal) dianggap sebagian besar pedagang pasar modern sebagai kebebasan. Terbukti dengan banyaknya pedagang yang tidak lagi menggunakan masker.

Mereka dengan santainya melayani konsumen tanpa mempedulikan protokol kesehatan Covid-19. Selain itu tidak tersedia sarana pencuci tangan.

Seperti yang terpantau di Pasar Modern Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Sabtu (6/6). Para pedagang hanya satu dua yang bermasker. Sebagian besar tanpa masker.

Mereka beralasan, pengunjung yang datang mulai berkurang dan tidak sepadat pasar tradisional.

"Ini ada maskernya cuma sesak bernafas kalau dipakai terus. Lagian sudah new normal," kata Ismail, pedagang ayam.

Dia menambahkan, sudah bosan pakai masker karena mengganggu gerak-geriknya. "Enggak usah terlalu takut, kalau parno malah stres, imun turun, kena deh corona," ujarnya santai.

Sama halnya dengan Kang Asep, pedagang bawang merah. Dia mengaku pakai masker kalau naik naik sepeda motor. Begitu sampai pasar dilepas.

"Ini pengunjungnya enggak banyak. Penjualnya juga begitu, jadi sudah physical distancing. Enggak perlu pakai masker lagi," ucapnya.

New normal dianggap sebagian besar pedagang pasar modern sebagai kebebasan. Terbukti dengan banyaknya pedagang yang tidak lagi menggunakan masker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News