Tidak Diproduksi Tubuh, Asam Amino BCAA Penting Bagi Atlet

Tidak Diproduksi Tubuh, Asam Amino BCAA Penting Bagi Atlet
Brand manager aminoVITAL Firman Prastowo, mengatakan nutrisi asam amino-BCAA penting untuk membantu proses pemulihan otot dan mengurangi kelelahan setelah berolahraga. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Seorang pelari jarak jauh atau maraton memerlukan energi berkelanjutan untuk membantu melewati rute yang panjang hingga mencapai akhir.

Untuk meningkatkan kinerja dan memberi bahan bakar yang tepat bagi pelari jarak jauh maka diperlukan formulasi makanan yang tepat serta asupan protein yang cukup.

"Penting adanya hidrasi yang benar, sesuai dengan berat badan dan kondisi alam, mengonsumsi karbohidrat dengan jenis dan jumlah yang tepat, dan memperhatikan bentuk asupan protein dalam pola makan, selama dan setelah berlatih, menjadi kunci sukses," kata Clinical Dietitians Sport Nutritionist, Emilia C. Achmadi, di Jakarta, Senin (2/10).

Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat pelari adalah tidak melakukan proses pemulihan dengan benar dan tidak memberikan waktu cukup setelah sesi latihan maupun race event.

Selain dehidrasi dan kehilangan elektrolit, lari jarak jauh dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan serat otot yang secara signifikan mengurangi kekuatan dan daya tahan otot.

"Di sini lah mengonsumsi makanan yang menjadi sumber protein dan asam amino esensial memiliki peranan yang sangat penting,” kata Emilia.

Branched-Chain Amino Acids (BCAA) adalah tiga dari sembilan asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus diperoleh dari makanan. BCAA sangat penting untuk pembentukan masa otot dan produksi tenaga. 

"Dalam aktivitas sehari-hari (bukan olahraga), mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan protein saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan fisik, tetapi untuk aktivitas fisik seperti maraton, konsumsi makanan atau minuman lain yang mengandung BCAA sangat penting,” tuturnya.

Brand manager aminoVITAL Firman Prastowo, mengatakan utrisi asam amino-BCAA penting untuk tubuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News