Tidak Hujan, Long Bia Tiba-tiba Direndam Banjir

Tidak Hujan, Long Bia Tiba-tiba Direndam Banjir
Tidak Hujan, Long Bia Tiba-tiba Direndam Banjir. Foto: Ilustrasi/Dokumen JPNN.com

jpnn.com - TANJUNG SELOR - Hujan deras yang mengguyur bagian hulu, tepatnya di daerah Sungai Bahau, menyebabkan Sungai Kayan meluap. Akibatnya beberapa desa di Kecamatan Peso terendam banjir.

Salah satu desa yang dilanda banjir adalah Desa Long Bia, ibukota kecamatan Peso. Bripka Yayan Sopyan, anggota Polsek Peso saat dihubungi wartawan mengungkapkan, genangan air di Long Bia terjadi mulai pukul 04.00 Wita, Minggu (8/2) dini hari kemarin.

Air semakin meninggi hingga mencapai puncaknya sekitar pukul 10.00 Wita kemarin. Ketinggian air mencapai kurang lebih 1 meter.

"Memang belum sampai masuk ke rumah penduduk. Karena rata-rata rumah di sini panggung tinggi," kata Yayan.

Diungkapkan, banjir kemarin diduga merupakan kiriman dari daerah hulu sungai Kayan (daerah Sungai Bahau). Pasalnya sejak malam sampai hari kemarin di daerah Peso tidak turun hujan.  

"Luapan air dari hulu ini. Di sana hujan deras mungkin. Makanya sungai banjir dan meluap," ungkapnya.

Tidak ada laporan korban dalam bencana kemarin. Sebagai upaya antisipasi, kata Yayan, polisi bersama Tagana Kecamatan Peso melakukan evakuasi beberapa warga ke lokasi aman.

"Tidak sampai diungsikan. Cuma diarahkan ke tempat yang aman untuk sementara. Setelah surut baru kembali," kata Yayan, seraya menyebutkan pada sekitar pukul 13.00 Wita kemarin kondisi air sudah mulai surut.

TANJUNG SELOR - Hujan deras yang mengguyur bagian hulu, tepatnya di daerah Sungai Bahau, menyebabkan Sungai Kayan meluap. Akibatnya beberapa desa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News