Tidak Libur

Oleh: Dahlan Iskan

Tidak Libur
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - TIDAK ADA libur Natal di Tiongkok. Kemarin adalah hari kerja biasa. Saya pun ke Jiangmen. Dua jam dari Macao. Jalan darat. Itu di pertengahan antara Macao-Guangzhou.

Saya ke satu pabrik besar di Jiangmen. Di mana-mana terlihat pabrik –pabrik apa saja. Kini sudah banyak pabrik yang dari luar tidak terlihat seperti pabrik. Sudah berupa ''taman berpabrik'' atau ''pabrik bertaman''.

Tidak Libur

Baca Juga:

Lihatlah foto. Itu halaman depan pabrik yang saya kunjungi. Foto itu saya ambil dari lantai 3. Terlihat halaman yang luas dan indah. Ada kolam air yang besar di depan –agar hongshui-nya baik

Ada taman yang dibentuk berbukit. Cocok dengan perbukitan yang tampak di kejauhan.

Yang istimewa, pohon-pohon zaitun itu. Zoom-lah foto itu. Tampak sederet pohon zaitun yang dibonsai. Pohonnya tua tetapi daunnya begitu sedikit. Alangkah mahalnya pohon itu. Hanya jadi pajangan sebuah pabrik.

Baca Juga:

Saya hitung jumlahnya: 12 pohon. Baru sekali ini saya lihat pohon zaitun dibuat bonsai –bonsai yang tinggi.

Asrama pekerjanya pun tidak terlihat seperti barak di masa lalu. Asrama itu sudah berbentuk apartemen pencakar langit. Saya hitung: tiga tower tinggi-tinggi.

TIDAK ADA libur Natal di Tiongkok. Kemarin adalah hari kerja biasa. Saya pun ke Jiangmen. Dua jam dari Macao. Jalan darat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News