Tidak Lulus Tes Psikotes, Siap-siap Jabatannya Digusur

Tidak Lulus Tes Psikotes, Siap-siap Jabatannya Digusur
Muhammad Rudi. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - BATAM - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyatakan mulai September mendatang jabatan beberapa SKPD di lingkungan Pemko Batam akan bergeser. 

Rudi menginginkan pemerintahannya diisi pejabat yang memiliki etos kerja dan mampu mengatasi persoalan. 

Untuk itu, Senin (20/6) kemarin Pemko Batam menggelar psikotes untuk para pejabat Pemko di Hotel Harmoni One, Batamcenter, Batam, Kepulauan Riau.

“Tes tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan para pejabat di lingkungan Pemko Batam. Bukan hanya dari sisi daya tangkap, intelejensia, tapi juga dari segi kepemimpinan.

“Tak cukup pintar saja kalau tak bisa memimpin kacau balau juga. Daya tangkap, kemampuannya mengambil solusi dalam menghadapi permasalahan, gabung semuanya,” kata Rudi di Kantor Pemko Batam, seperti dikutip dari batampos (Jawa Pos Group).

Hasil tes tersebut akan menjadi bahan pertimbangan saat penyusunan kabinetnya bersama Wakil Walikota, Amsakar Achmad. Meski bukan menjadi satu-satunya penentu, karena hak prerogatif tetap di tangan Wali Kota.

“Saya mau ke depan seluruh barisan yang ingin saya pimpin ini adalah orang dengan kriteria terbaik. Baik dari sisi intelektual maupun kemampuan memimpin,” imbuh Rudi.

Menurut dia, psikotes cukup efektif melihat kemampuan yang dimiliki pegawai Pemko Batam. Berdasarkan hasil psikotes Kepala Sekolah negeri beberapa waktu lalu, terlihat bahwa cukup banyak yang IQ-nya di atas rata-rata.

BATAM - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyatakan mulai September mendatang jabatan beberapa SKPD di lingkungan Pemko Batam akan bergeser. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News