Tidak Masukkan Formasi Hari Ini, Instansi Ditinggal

Tidak Masukkan Formasi Hari Ini, Instansi Ditinggal
Tidak Masukkan Formasi Hari Ini, Instansi Ditinggal

jpnn.com - JAKARTA - Hari ini (8/8) merupakan masa krusial dalam rangkaian penerimaan tes CPNS tahun anggaran 2014. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menetapkan, batas akhir pengajuan formasi CPNS adalah hari ini. Jika tidak memasukkan formasi, maka akan ditinggal dan tidak dapat melaksanaan tes CPNS.

Sekretaris Menteri PAN-RB Tasdik Kinanto mengatakan, tidak ada kelonggaran lagi. "Deadline-nya tegas. Supaya panitia seleksi bisa melangkah ke tahap berikutnya," kata dia kemarin. Tasdik menegaskan bahwa usulan formasi ini dibuka mulai 6 Agustus lalu.

Dia menjelaskan jika sampai sore nanti masih ada instansi yang tidak memasukkan formasi, berarti dianggap tidak butuh formasi CPNS baru. Kemen PAN-RB memastikan tidak ada lagi tawar menawar atau waktu tambahan untuk memasukkan usulan formasi itu.

Kabid Perencanaan SDM Aparatur Kemen PAN-RB Syamsul Rizal menuturkan, ada 439 instansi daerah (provinsi, kabupaten, dan kota) yang mendapatkan alokasi formasi CPNS 2014. Sedangkan untuk instansi pemerintah pusat, ada 71 unit instansi yang emndapatkan alokasi formasi.

Hingga kemarin siang, Syamsul mengatakan sudah ada 80 persen instansi daerah memasukkan formasi ke Kemen PAN-RB. Sedangkan untuk instansi pusat, dia mengatakan sudah hampir masuk semuanya.

"Ada instansi daerah yang mendapatkan alokasi, tetapi sudah konfirmasi tidak mengambil formasi itu," katanya.

Sampai kemarin sudah ada lima instansi daerah yang aslinya berhak mendapatkan formasi CPNS, tetapi tidak mengambilnya. Kelima daerah itu adalah, Pemkab Asahan, Pemkab Pakpak Barat, Pemprov Jambi, Pemkot Palembang, dan Pemkab Musi Banyuasin.

Kelima instansi daerah itu tidak mengambil alokasi formasi CPNS dengan beragam alasan. Seperti tidak ada anggaran untuk gaji CPNS baru dalam postur APBD 2014. Alasan lainnya adalah, instansi tadi ingin menuntaskan dulu penerimaan CPNS baru 2013 lalu.

JAKARTA - Hari ini (8/8) merupakan masa krusial dalam rangkaian penerimaan tes CPNS tahun anggaran 2014. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News