Tidur Bisa Membantu Daya Ingat Pada Bayi

Tidur Bisa Membantu Daya Ingat Pada Bayi
Bayi dibuang. Ilustrasi Foto: Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com - Bayi berusia tiga bulan memiliki ingatan yang lebih baik saat mereka tidur setelah mengetahui sesuatu yang baru.

Hal ini menurut eksperimen kecil yang menunjukkan bahwa tidur berperan dalam memperkuat ingatan sejak awal kehidupan.

Sementara penelitian sebelumnya telah menghubungkan sering tidur siang dengan memori yang lebih baik pada bayi 6 bulan, studi ini meneliti dampak tidur siang 1,5 sampai 2 jam pada bayi di bawah usia 6 bulan.

Test menguji memori dengan memperlihatkan bayi wajah yang mereka ingat hingga mereka merasa lelah.

Periset menunjukkan bayi satu dari dua karakter kartun dengan ciri khas, kemudian membiarkan beberapa bayi tidur siang, lalu menunjukkan semua bayi kedua karakter tersebut untuk melihat mana yang menarik perhatian mereka lebih lama.

Lebih dari setengah bayi yang telah tidur siang mengalihkan pandangan mereka ke wajah kartun yang asing, menunjukkan bahwa mereka ingat apa yang mereka lihat sebelum mereka tidur.

Tapi tanpa tidur siang, bayi tampak secara acak memilih wajah yang mereka lihat, menunjukkan bahwa mereka lupa apa yang telah mereka lihat sebelumnya dan menemukan kedua kartun itu baru dan menarik.

"Bayi berusia tiga bulan hanya bisa mengingat wajah yang telah ditunjukkan sebelumnya jika mereka telah tidur siang," kata penulis studi utama, Dr. Klara Horvath, seperti dilansir laman Lifescript, Kamis (24/8).

Bayi berusia tiga bulan memiliki ingatan yang lebih baik saat mereka tidur setelah mengetahui sesuatu yang baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News