Tiga Asisten Pelatih Timnas Indonesia Memilih Mundur, Ada Masalah Apa?

Tiga Asisten Pelatih Timnas Indonesia Memilih Mundur, Ada Masalah Apa?
Rombongan asisten pelatih Timnas Indonesia yang mundur (kanan, dua dari kanan, tiga dari kanan, dan empat dari kiri). Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari Timnas Indonesia karena tiga Asisten Pelatih mulai dari Kim Hae Woon, Lee Jae Hong, dan Kim Woo Jae resmi mengundurkan diri. Mereka memiliki alasan personal sehingga mengambil sikap tersebut.

Kepastian itu diumumkan PSSI di situs resminya, Selasa (10/8) usai ketiganya mengirimkan surat pengunduran diri kepada PSSI pada akhir pekan lalu.

Ketiga asisten pelatih itu seakan mengikuti jejak dari asisten Shin Tae Yong sebelumnya, Gong Oh Kyun yang lebih dulu memilih mundur pada Desember lalu.

Sekjen PSSI Yunus Nusi mengaku terkejut dan sangat menyayangkan bahwa tiga asisten pelatih itu mundur saat PSSI sedang serius menyiapkan timnas.

Tentu saja, mundurnya asisten pelatih itu mencederai kesepakatan awal PSSI dengan Shin Tae Yong yang menegaskan bahwa asisten yang dibawa ke Indonesia ialah mereka yang pernah menangani Korea Selatan saat Piala Dunia 2018.

"Mereka mengungkapkan bahwa ada persoalan pribadi. Saya kira Shin Tae Yong yang paling tahu alasan mereka mundur. Terkait pengganti mereka, PSSI tidak akan memilih sembarangan asisten pelatih," tuturnya.

Yunus juga memastikan, bahwa pengganti ketiga pelatih itu harus memiliki kualifikasi sesuai standar yang diterapkan dan juga kenyang pengalaman. Hal itu seperti yang ditunjukkan oleh PSSI saat memilih pengganti Gong Oh Kyun.

"Kami sebelumnya telah memilih Choi In Cheul sebagai pengganti Gong Oh Kyun juga berdasarkan rekomendasi pelatih Shin Tae Yong," tuturnya.

Ramai-ramai Shin Tae Yong ditinggalkan oleh asistennya. Total sudah empat asisten STY yang memilih mundur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News