Tiga Faktor Ini Bisa Gagalkan Jokowi Nyapres

Tiga Faktor Ini Bisa Gagalkan Jokowi Nyapres
Tiga Faktor Ini Bisa Gagalkan Jokowi Nyapres

jpnn.com - JAKARTA - Dosen Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing melihat ada tiga hal yang bisa menyebabkan Joko Widodo gagal nyapres tahun ini. Karenanya dia mengingatkan agar mantan Walikota Solo itu berhati-hati.

Pertama, bila Jokowi melakukan blunder dengan pernyataannya sendiri. "Blunder ini kalau enggak bisa dikelola dengan baik oleh Jokowi, maka akan jadi boomerang untuk dia sendiri nantinya," ungkap Emrus usai mengelar diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Jakarta, Minggu (16/3).

Faktor kedua kegagalan Jokowi yakni bila Megawati selaku Ketua Umum Partai PDIP mencabut tiket yang sudah diberikan pada Jokowi. "Mandat itu bisa saja ditarik oleh Megawati, kan kita enggak ada yang tahu strategi PDIP. Itu bisa saja terjadi," terang dia.

Faktor kegagalan yang terakhir adalah bila ditemukan kesalahan yang sangat fatal, yang dilakukan pria yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta itu.

"Seperti kunjungan yang waktu itu dilakukan Jokowi bersama Mega tanpa izin dan dilakukan di jam kerja. Meski enggak begitu mempengaruhi, tapi itu bisa dijadikan celah kesalahan Jokowi," tukas dia. (chi/jpnn)


JAKARTA - Dosen Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing melihat ada tiga hal yang bisa menyebabkan Joko Widodo


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News