Tiga Kader Golkar Dipecat, Ini Reaksi JK

Tiga Kader Golkar Dipecat, Ini Reaksi JK
Calon Wakil Presiden Jusuf Kalla. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Jusuf Kalla menganggap pemecatan tiga kader muda Partai Golkar oleh DPP adalah tindakan yang berlebihan. Menurut mantan Ketua Umum Golkar JK, yang kini menjadi cawapres mendampingi Joko Widodo, apa yang dilakukan ketiga kader Golkar muda itu tidak sepenuhnya salah karena mereka mendukung mantan Ketua Umum Golkar sendiri. Bahkan JK menganggap, kader Golkar yang mendukung ketua umum partai lain yang lebih salah.

"Justru yang lebih salah dan tidak waras adalah mendukung ketua umum partai lain, sementara ada mantan ketua umumnya sendiri yang bertarung," ungkap JK kepada wartawan di Lampung, Selasa (24/6).

Diketahui, tiga kader muda Golkar, yakni Agus Gumiwang Kartasasmita, Nusron Wahid dan Poempida Hidayatullah dipecat dari keanggotaan partai, karena mendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Prabowo-Hatta.

Cawapres nomor urut 2 ini menambahkan, dirinya sewaktu menjabat Ketua Umum Golkar, tidak akan memecat kader hanya karena beda pandangan politik dengan DPP. Pemecatan hanya dilakukan apabila kader terlibat kasus korupsi.

"Saya waktu ketua umum tidak pernah memecat orang karena berbeda pandangan, kecuali ada indikasi dia terlibat korupsi, saya akan pecat saat itu juga, tanpa harus tunggu bukti dari pengadilan," tegas JK dalam keterangannya.

Bagi JK, apa yang dilakukan tiga kader muda Golkar ini adalah sebuah tindakan berani dalam mengambil risiko untuk memperjuangkan keyakinan politiknya. Dan JK meyakini ketiga orang ini yang kelak akan menjadi pengurus inti Golkar, jika bercermin pada pengalaman 2004.

"Setiap keputusan, setiap sikap memang selalu ada resiko, saya rasa teman-teman yang dipecat ini sudah tahu resiko tersebut. Tapi dalam politik itu seperti orang melangkahkan, kaki yang di depan selalu bergantian antara kanan dan kiri. Sama dengan tahun 2004 ada juga pemecatan (Fahmi idris beserta 12 kader lain dipecat Akbar Tanjung, karena mendukung SBY-JK), tapi setelah pergantian pengurus mereka yang dipecat itu yang jadi pengurus, begitu juga dengan ketiga orang ini, Insya Allah beberapa bulan lagi," tandas JK dengan Yakin. (rmo/jpnn)

 

JAKARTA - Jusuf Kalla menganggap pemecatan tiga kader muda Partai Golkar oleh DPP adalah tindakan yang berlebihan. Menurut mantan Ketua Umum Golkar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News