Tiga Kota Ini Jadi Pilot Project Mal Pelayanan Publik

Tiga Kota Ini Jadi Pilot Project Mal Pelayanan Publik
Pusat perbelanjaan mulai ramai pengunjung. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tiga kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, dan Batam menjadi pilot project Mal Pelayanan Publik. Dasar penunjukkan tiga kota tersebut menurut Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Diah Natalisa, karena paling banyak didatangi investor.

"Tujuan pembangunan mal ini untuk memudahkan masyarakat yang ingin melakukan administrasi pelayanan publik dalam satu lokasi atau satu gedung. Saya yakin masyarakat akan senang dan antusias dengan adanya mal ini, semua pelayanan ada dalam satu tempat sehingga lebih praktis," ujar Diah, Minggu (6/8).

Diah mengatakan, mal pelayanan publik di Surabaya menjadi fokus pemerintah karena di kota ini menjadi lokasi dilaksanakannya survei dari tim KemenPAN-RB dalam peningkatan kemudahan memberikan pelayanan masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan menyatakan, sangat siap dibangunnya mal pelayanan publik di surabaya.

"Dalam waktu dekat mal pelayanan publik ini akan di-launcing Pemerintah Kota Surabaya," tuturnya.

Hendro menambahkan, pihaknya sudah mempunyai konsep serta desain mengenai tempat perbelanjaan atau pun ruang seperti cafe di mal pelayanan publik.

"Nantinya, di satu gedung ini juga akan ada pelayanan foodcourt. Sekarang ini desain sudah matang, tinggal pelaksanaan saja. Kemungkinan, bulan depan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," katanya.

Konsep mal pelayanan publik telah berhasil diterapkan dan dikembangkan di Azerbaijan, sebuah negara kecil yang cepat berkembang, meskipun usianya masih relatif muda.

Tiga kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, dan Batam menjadi pilot project Mal Pelayanan Publik. Dasar penunjukkan tiga kota tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News