Tiga Nama Menteri Ini Berpeluang Direshuffle Dalam Waktu Dekat

Tiga Nama Menteri Ini Berpeluang Direshuffle Dalam Waktu Dekat
Kabinet Kerja. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemungkinan besar bisa menjadi salah satu menteri yang diganti, bila reshuffle kabinet dilakukan dalam waktu dekat.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Politikan Review (IPR) Ujang Komarudin, kemungkinan terbuka menyusul operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menjerat Direktur Jenderal (Dirjen) Hubungan Laut Antonius Tonny Budiono, beberapa waktu lalu.

"‎Harusnya Menteri Perhubungan juga ikut bertanggung jawab. Karena OTT terjadi kepada anak buah dan institusi yang dipimpinnya. Jadi bisa saja kena reshuffle," ujar Ujang kepada JPNN, Rabu (30/8).

Pengajar di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ini menyatakan pandangannya jika reshuffle nantinya dilakukan berdasarkan ‎kinerja.

Apalagi dalam OTT tersebut lembaga antirasuah berhasil mengamankan uang yang nilainya mencapai hingga Rp 20,74 miliar, yakni terbesar sepanjang sejarah operasi tangkap tangan KPK.

Selain Budi, nama lain yang kemungkinan bakal direshuffle kata Ujang, yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.

Presiden Jokowi belakangan menyoroti lambannya kinerja lembaga tersebut. Bahkan kemudian mengingatkan agar Sofyan merampungkan penyelesaian lima juta sertifikasi bidang tanah tahun ini.

Jika tidak, maka kemungkinan besar menteri terkait akan diganti.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemungkinan besar bisa menjadi salah satu menteri yang diganti, bila reshuffle kabinet dilakukan dalam waktu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News