JPNN.com

Tiga Pesan Rini Soemarno untuk Menteri BUMN Erick Thohir

Kamis, 24 Oktober 2019 – 09:16 WIB Tiga Pesan Rini Soemarno untuk Menteri BUMN Erick Thohir - JPNN.com
Menteri BUMN periode 2014-2019 Rini Soemarno menyerahkan buku laporan lima tahunan Kementerian BUMN kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: ANTARA/Aji Cakti

jpnn.com, JAKARTA - Rini Soemarno berpesan agar Menteri BUMN Erick Thohir menuntaskan holdingisasi perusahaan pelat merah.

"Mungkin ada satu dua hal yang perlu saya ingatkan, kita memang masih ada pekerjaan rumah yang belum terselesaikan dari program Bapak Presiden, tidak terlepas adalah mengenai holdingisasi," ujar Menteri BUMN periode 2014-2019 Rini Soemarno, di Jakarta, Rabu.

Rini menjelaskan bahwa hingga sekarang yang sudah terdapat holding adalah holding perhutanan yakni Perhutani, kemudian holding perkebunan di bawah PT Perkebunan Nusantara III, holding minyak dan gas bumi atau migas di bawah Pertamina, holding pertambangan di bawah Inalum, dan holding pupuk di bawah Pupuk Indonesia.

Sebentar lagi, lanjur Rini, yang sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo tapi perubahan dari sahamnya belum masuk semua karena masih ada di Kementerian BUMN yakni holding farmasi. Holding farmasi sendiri, peraturan pemerintahnya sudah ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

Menurut Rini, hal-hal tersebut merupakan tambahan yang mungkin nanti ke depan perlu diselesaikan, dan yang sekarang juga sudah direview terselesaikan adalah holding perumahan, holding konstruksi yang belum ditandatangani oleh Presiden Jokowi, dan juga holding asuransi.

"Karena sektor di Kementerian BUMN ini, sektor-sektor usahanya cukup besar. Targetnya per sektor itu terdapat perusahaan induk atau holding company-nya yang diharapkan pada suatu titik nantinya akan terbentuk super holding, seperti Temasek di Singapura," kata Rini lagi. Ini pesan pertama.

Kedua, Rini juga menitipkan agar Menteri BUMN Erick Thohir tetap menjaga kebersamaan dan sinergi antar-BUMN, agar BUMN tetap kuat dan tidak menjadi lemah akibat saling berkompetisi satu sama lain.

Ketiga, Rini juga berpesan agar Menteri BUMN Erick Thohir tetap melanjutkan fungsi BUMN sesuai amanat Undang-Undang BUMN untuk mendorong perekonomian rakyat yang lemah, maka dari itu banyak sekali program-program BUMN bersama-sama arahnya ke sana, bagaimana meningkatkan kemampuan usaha-usaha mikro, super mikro dan kecil.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...