Tiga Produsen Smartphone ini Tidak Tertarik Hadirkan Kamera 108MP

Tiga Produsen Smartphone ini Tidak Tertarik Hadirkan Kamera 108MP
Ilustrasi Xiaomi Mi Note 10 Pro. Foto : GSM Arena

jpnn.com - AWAL tahun 2020 merupakan tren smartphone dengan resolusi kamera besar. Produsen yang sudah mewujudkannya adalah Xiaomi dan Samsung.

Xiaomi telah meluncurkan perangkat pertamanya bernama Mi Note 10 Pro dengan menggunakan kamera 108MP.

Sensor kamera tersebut menggunakan hasil buatan Samsung, ISOCELL Bright HMX. Selain itu, Samsung Galaxy S20 series yang akan meluncur bulan depan diduga hadir dengan sensor kamera serupa.

Namun, kehadiran ponsel dengan kamera besar itu tidak membuat Honor, Huawei dan Sony ikut serta menyematkan di ponsel baru mereka.

Kerja sama yang terjalin dengan Sony membuat kedua perusahaan itu memiliki konsep yang berbeda dari sektor fotografi smartphone.

Sebelumnya, Sony dirumorkan sedang memproduksi sensor 100MP. Namun, kabar itu langsung ditepis oleh Sony. Menurut Sony, sensor sebesar itu masih terlalu awal untuk kamera di smartphone.

Selain itu, hal serupa juga dibantah oleh Honor. Honor mengatakan, kamera sebesar itu masih sulit untuk disematkan pada perangkat barunya.

"Kamera resolusi 108MP, ukuran pixel akan sangat sulit untuk melampaui 0,8μm. Kami percaya ukuran piksel 1μm atau lebih dapat memastikan sensitivitas cahaya dan kualitas gambar yang diperlukan untuk smartphone flagship," kata Manajer Pemasaran Honor Mobile-Shen Kaixin seperti dilansir Gizchina, Kamis (23/1). (mg9/jpnn)

Produsen yang sudah mewujudkan smartphone dengan resolusi kamera besar adalah Xiaomi dan Samsung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News