JPNN.com

Tiga Provinsi Ini Kampiun soal Wisata Halal

Jumat, 23 September 2016 – 09:39 WIB Tiga Provinsi Ini Kampiun soal Wisata Halal - JPNN.com
Rumah gadang khas Sumatera Barat. Foto: Padang Ekspres/JPNN

JAKARTA – Pilihan tentang destinasi wisata halal di Indonesia semakin  beragam. Kini tak hanya Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang sudah mendunia, tapi juga ada Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatera Barat.

Sebelumnya NTB meraih penghargaan World Best Halal Destination Award 2015 dan World Halal Honeymoon Award 2015. Sedangkan tahun ini, Aceh dan Sumbar juga semakin serius mengembangkan wisata halal.

Dalam pengumuman Pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016, di Hotel Sofyan, Jakarta, Rabu (21/9), tiga provinsi itu mendominasi penghargaan Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016. “Penghargaan Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016 didominasi Sumatera Barat dan NTB, lalu disusul Aceh. Pilihannya makin banyak dan berkualitas,” kata Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H), Riyanto Sofyan, Rabu (21/9).

Empat gelar terbaik direbut NTB duntuk kategori Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan Kuliner Halal Khas Terbaik.

Sumatera Barat juga tak mau gengsi. Ada empat gelar untuk provinsi yang beribu kota di Padang itu. Yakni kategori Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik, Destinasi Wisata Halal Terbaik, Restoran Halal Terbaik, dan Destinasi Kuliner Terbaik, berhasil disambar Sumbar.

Sementara Aceh kebagian tiga gelar bergengsi. Yakni kategori Bandara Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik dan Daya Tarik Wisata Terbaik.

“Penilaiannya dilakukan dengan sangat fair. Profile, key achievement dan unique characteristics benar-benar sangat diperhitungkan dengan teliti. Izin usaha restoran atau hotel harus jelas. Sertifikasi halal harus ada. Pencapaian-pencapaian dan karakteristik daerah juga harus dicantumkan,” terang Riyanto.

Filter ketat tadi rupanya semakin memantik orang untuk memberikan voting. Antusiasme masyarakat untuk jadi voter sangat tinggi. Jumlahnya jauh melebihi ekspektasi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara