Tiga Stasiun di Daop 8 Surabaya Ini Bakal Punya GeNose C19

Tiga Stasiun di Daop 8 Surabaya Ini Bakal Punya GeNose C19
Alat Tes Covid-19 GeNose C19 di Daop 8 Surabaya akan segera didatangkan. Foto dok KAI

jpnn.com, SURABAYA - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya berencana mendatangkan GeNose atau alat tes cepat deteksi dini Covid-19 yang akan ditempatkan di sejumlah stasiun.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan GeNose tersebut rencananya ditempatkan di tiga stasiun, masing-masing Stasiun Gubeng, Pasar Turi dan Malang.

"Kami masih koordinasikan dengan PT KAI dan penggunaannya nanti sama seperti di beberapa stasiun di Jakarta dan Yogyakarta. Diharapkan dalam waktu dekat ini," kata Luqman di Surabaya, Kamis (12/2).

Penggunaan GeNose di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya, kata Luqman, mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan No.11 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam masa pandemi Covid-19.

Dalam aturan itu disebutkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperbolehkan tes cepat deteksi dini Covid-19 menggunakan GeNose sebagai salah satu persyaratan bagi calon penumpang untuk naik kereta jarak jauh.

Sementara untuk saat ini, kata Luqman, penumpang KA jarak jauh masih tetap diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif tes cepat antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

"Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan," jelas Luqman.

Aturan itu sesuai SE Kementerian Perhubungan No.20 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian pada masa Pandemi COVID-19 dan Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 No 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya berencana mendatangkan GeNose atau alat tes cepat deteksi dini Covid-19 yang akan ditempatkan di sejumlah stasiun. GeNose C19 akan ditempatkan di tiga stasiun, masing-masing Stasiun Gubeng, Pasar Turi dan Malang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News