Tiga Tokoh Ini Akan Ramaikan Kirab Kebangsaan di Subang

Tiga Tokoh Ini Akan Ramaikan Kirab Kebangsaan di Subang
Maruarar Sirait. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Tiga tokoh muda akan meramaikan Kirab Kebangsaan bertajuk "Bersatu Kita Teguh" yang diadakan Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Taruna Merah Putih (TMP) Kabupaten Subang, Sabtu (4/3) besok.

Ketiga tokoh itu adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Direktur Wahid Institute Yenny Wahid, dan Maruarar Sirait, Ketua TMP sekaligus yang ikut menggagas kegiatan tersebut.

Kirab budaya itu akan dipusatkan di lokasi wisata Bintang Fantasi Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Selain parade kesenian tradisional, kegiatan long march akan diikuti sekitar 1.000 warga.

Bang Ara, sapaan Maruarar Sirait mengatakan bahwa kegiatan itu sebagai upaya merawat dan menjaga kebinekaan. Sekaligus, bentuk komitmen menggelorakan semangat persatuan di kalangan generasi muda.

"Kebinekaan itu harus dijawa dan dirawat sampai ke akar rumput. Bagaimana Pancasila sebagai ideologi bangsa harus hadir dan mampu menjawab persoalan-persoalan mendasar di masyarakat,” kata Bang Ara di kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (3/3).

Anggota Komisi XI DPR ini mengatakan, kegiatan serupa berjalan sukses di sejumlah kota seperti Bogor, Bandung, Karawang, Semarang, Magelang dan daerah lainnya.

Terkait kehadiran Yenny Wahid dan Ridwan Kamil, Ara menilai sangat penting. Putri mendiang mantan Presiden Abdurrachman Wahid menurutnya tokoh nasional perempuan yang konsen pada persoalan kebangsaan dan pluralisme. Sementara Kang Emil, sapan Ridwan Kamil, tokoh muda panutan di Jawa Barat.

Ketua Panitia Kirab Kebangsaan, Asep Alamsyah mengatakan, kegiatan tersebut juga akan dimeriahkan dengan penampilan seni budaya sisingaan, angklung, barongsai, marawis, pencak silat, reog, dan tardug.

"Kami juga menyiapkan 20 stand (gratis) untuk kuliner terbaik di Pantura Subang, sebagai dukungan nyata GP Ansor dan Taruna Merah Putih terhadap kemajuan UMKM," tambah dia. (fat/jpnn)


Tiga tokoh muda akan meramaikan Kirab Kebangsaan bertajuk "Bersatu Kita Teguh" yang diadakan Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Taruna Merah Putih (TMP)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News