Tiket Candi Borobudur Khusus Pelajar Memang Murah, tetapi Ada Syaratnya

Tiket Candi Borobudur Khusus Pelajar Memang Murah, tetapi Ada Syaratnya
Peserta membentangkan bendera merah putih mengelilingi Candi Borobudur saat peringatan Hari Lahir Pancasila di Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/Anis Efizudin/YU (ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN)

jpnn.com, JAKARTA - Pihak PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) buka suara setelah heboh rencana kenaikan harga tiket untuk masuk kawasan stupa Candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu.

Menurut Direktur Utama TMC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono, pengelola memberikan akses khusus kepada pelajar untuk menaiki area Candi Borobudur dengan tiket seharga Rp 5.000 saja.

Dia mengeklaim kebijakan khusus itu bertujuan untuk kepentingan pendidikan. Kuota khusus pelajar juga dibatasi 20-25 persen dari kapasitas harian pengunjung 1.200 wisatawan yang boleh naik ke Candi Borobudur.

"Kami juga punya obligation untuk pendidikan, oleh karena itu ditetapkanlah kuota pendidikan itu 20 persen dari kuota 1.200. Nanti masih kami tentukan, masih dalam pembahasan apakah 20 persen atau 25 perse," kata Edy saat dihubungi pada Minggu (5/6).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengumumkan rencana pemerintah Membatasi kunjungan orang yang diperbolehkan naik ke atas Candi Borobudur,yakni 1.200 orang per hari.

Hal itu bertujuan demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Oleh karena itu, akan ditetapkan harga tiket Candi Borobudur Rp 750 ribu untuk wisatawan domestik dan USD 100 (sekitar Rp 1,4 juta) bagi turis asing.

Sementara untuk memasuki kawasan candi, tanpa naik ke bagian atas, harga tiket tetap Rp 50 ribu per orang, sedangkan untuk pelajar hanya ditetapkan Rp 5 ribu.

Harga tiket Candi Borobudur bakal melejit menjadi Rp 750 ribu bagi wisatawan lokal dan Rp 5.000 untuk pelajar, tetapi kuotanya pun dibatasi sebanyak ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News