Tim 5 Sudah Tetapkan Tiga Nama

Tak Pilih Unsur dari Kepolisian dan Kejaksaan

Tim 5 Sudah Tetapkan Tiga Nama
Tim 5 Sudah Tetapkan Tiga Nama
JAKARTA - Tim 5 menyatakan sudah menetapkan tiga nama yang akan diajukan kepada Presiden SBY sebagai pelaksana tugas (Plt) pimpinan KPK. Ketiganya, menurut anggota tim Adnan Buyung Nasution, adalah orang muda yang sama sekali tidak terkontaminasi, terutama dengan pro-kontra masalah KPK versus Polri yang kini tengah berlangsung.

"Dipilih dari orang yang track record-nya baik, (punya) komitmen tinggi pada pemberantasan korupsi. Asalnya bukan dari kepolisian maupun juga kejaksaan," tegas Buyung, saat ditemui di Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Rabu (30/9).

Disebutkan Adnan Buyung, salah seorang calon Plt itu berasal dari KPK sendiri, sedangkan dua lagi adalah mantan pimpinan KPK dan akademisi. Secara lisan, lanjut Buyung, ketiganya sudah dihubungi dan menyatakan siap untuk bekerja sebagai Plt. Tim sengaja merahasiakan identitas mereka, karena dikhawatirkan bakal "masuk angin", atau terpengaruh maupun dipengaruhi kekuatan politik tertentu.

Sementara itu, diakui Buyung, Tim 5 tak bisa memberi jaminan apakah mereka (para pelaksana tugas) tak akan jadi korban kriminalisasi berikutnya oleh kepolisian, seperti Bibit Samad Rianto dan Chandra Hamzah. "Nggak ada. Jaminannya (hanya) Tuhan Yang Maha Esa," akunya.

JAKARTA - Tim 5 menyatakan sudah menetapkan tiga nama yang akan diajukan kepada Presiden SBY sebagai pelaksana tugas (Plt) pimpinan KPK. Ketiganya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News