Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ekor Burung Dilindungi

Selasa, 23 Februari 2021 – 02:50 WIB
Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan Ratusan Ekor Burung Dilindungi - JPNN.com
Tim dari Polsek Kawasan Pelabuhan Dwikora Pontianak, Balai Karantina Kelas I Pontianak, dan BKSDA Kalbar menggagalkan pengiriman berbagai jenis burung dilindungi ke Pulau Jawa menggunakan angkutan laut. (ANTARA/Indra Budi Santoso)

jpnn.com, PONTIANAK - Upaya penyelundupan 110 ekor burung dilindungi digagalkan petugas gabungan dari Polsek Kawasan Pelabuhan Dwikora Pontianak, Balai Karantina Kelas I Pontianak, dan BKSDA Kalimantan Barat (Kalbar).

Rencananya, ratusan burung berbagai jenis yang dilindungi itu akan dikirim ke Pulau Jawa menggunakan angkutan laut.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Dwikora Pontianak Iptu Wendi Sulistiono mengatakan, jajarannya langsung bergerak begitu mendapat informasi akan ada pengiriman burung dilindungi.

Polisi bersama tim dari Balai Karantina Kelas I Pontianak dan BKSDA Kalbar melakukan penyisiran di kawasan Pelabuhan Dwikora Pontianak.

"Kami berhasil mengamankan 110 ekor burung siap dikirim ke Jawa melalui angkutan laut," kata Iptu Wendi Sulistiono, di Pontianak, Senin.

Menurut Wendi, pelaku memasukkan burung-burung tersebut ke dalam kardus.

Guna mengelabui petugas, kardus berisi burung dimasukkan lagi ke dalam keranjang buah dan angkut menggunakan truk jenis fuso dengan tujuan Pulau Jawa melalui transportasi laut.

Ratusan burung itu terdiri dari burung kapas tembak satu ekor, burung kacer 102 ekor, burung cucak hijau empat ekor, dan burung lovebird dua ekor.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...