Tim Indonesia Cari 3 Pendaki WNI di Nepal Lewat Udara

Tim Indonesia Cari 3 Pendaki WNI di Nepal Lewat Udara
Tim Indonesia Cari 3 Pendaki WNI di Nepal Lewat Udara. Foto: Ilustrasi/AFP

jpnn.com - JAKARTA - Tim SAR Indonesia di Nepal hingga saat ini masih melakukan pencarian terhadap tiga WNI yang tergabung dalam Taruna Hiking Club (THC). Mereka adalah Alma Parahita, Kadek Andana dan Jeroen Hehuwat. Saat gempa di negara tersebut ketiganya sedang melakukan pendakian di Mount Everest.

Menurut Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal usaha pencarian tersebut sempat dihadang kendala sebelumnya. Pasalnya, moda udara untuk pencarian tidak tersedia.

"Pencarian yang dipimpin oleh Kolonel (pnb) Indan Gilang tersebut semula akan dilakukan kemarin. Tapi terkendala oleh ketersediaan helikopter," ujar Iqbal melalui pesan singkat, Minggu (3/5).

Namun, setelah Duta Besar Indonesia untuk Dhaka Iwan Wiranataatmadja melakukan pendekatan pada pemerintah setempat, akhirnya tim berhasil mendapatkan helikopter yang dibutuhkan untuk pencarian tersebut. Helicopter jenis AS350 Be milik Shree Airlines tersebut hari ini akan melakukan pencarian selama 2-4 jam.

Pencarian akan difokuskan di wilayah Langtan. Kemungkinan itu adalah lokasi terakhir tiga WNI. Sebelum dilakukannya pencarian, tim telah berkomunikasi dengan keluarga ketiga WNI di Bandung untuk menyampaikan rencana pencarian tersebut.

"Hingga saat ini proses pencarian masih berlangsung," kata Iqbal.

Dua dari tiga WNI itu adalah pasangan yang baru saja menikah yaitu Alma Parahita dan Kadek Andana. Pendakian itu adalah perjalanan bulan madu keduanya. Informasi pertama diperoleh dari THC yang menyebutkan ketiga WNI tersebut tiba di Kathmandu pada 19 April dan esoknya memulai pendakian.

Pada 21 April, mereka menuju Syabru Besi didampingi dua pemandu lokal dan enam tukang jasa angkut lokal. Kemudian pada 22 April, Jeroen mengirim pesan mereka berada di Hotel Lama, Nepal. Berdasarkan hasil pengolahan data penyedia layanan selular, mereka diketahui berada di Spice Nepal Private Ltd pada 23 April.

JAKARTA - Tim SAR Indonesia di Nepal hingga saat ini masih melakukan pencarian terhadap tiga WNI yang tergabung dalam Taruna Hiking Club (THC). Mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News