Tim Jokowi-JK Terima Kekalahan di Jabar

Tim Jokowi-JK Terima Kekalahan di Jabar
Tim Jokowi-JK Terima Kekalahan di Jabar

jpnn.com - BANDUNG - Perhitungan suara pemilihan presiden (Pilpres) 2014 pada 9 Juli lalu memasuki tahap final di Jawa Barat. KPU Jawa Barat (Jabar) telah melakukan rekapitulasi suara tingkat provinsi, Jumat (18/7).

Hasilnya, pasangan calon presiden (Capres)- calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul. Dari 26 kabupaten/kota di Jabar, pasangan nomor urut 1 ini menang mutlak dengan menguasai perolehan suara di 22 Kabupaten/Kota.

Sementara pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya unggul di empat kabupaten/Kota, yakni Kabupaten Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kota Cirebon.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, Prabowo-Hatta memeroleh 14.167.381 suara (59,78 persen), unggul sekitar empat juta suara dari pasangan Capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla yang meraih 9.530.315 suara (40,22).

Sedangkan untuk tingkat partisipasi pemilih di Jabar dalam Pilpres kali ini, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan, mencapai 70,93 persen, atau terdapat 23.990.089 pemilih yang menyalurkan hak pilihnya, dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Jabar sebanyak 33.821.378 jiwa. Tingkat partisipasi pemilih ini turun dari Pemilihan Umum Legislatif 2014 yang nyaris menembus angka 80 persen atau 70,93 persen.

Yayat sendiri mengaku puas dengan proses rekapitulasi suara yang berlangsung di Aula Kantor KPU Jabar, Bandung, kemarin itu.

Selain kondusif, penghitungan suara selesai sesuai target yang ditetapkan. "Selain itu, semua pihak menerima hasilnya, tidak ada keberatan berarti," aku Yayat seraya mengatakan rekapitulasi dilakukan secara terbuka dan disaksikan seluruh pihak terkait.

Selanjutnya, Yayat mengatakan, hasil rekapitulasi suara akan dibawa ke KPU pusat untuk rekapitulasi suara tingkat nasional pada 22 Juli mendatang. Nantinya, kotak suara dari seluruh Kabupaten/Kota di Jabar akan turut dibawa ke Jakarta dengan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian dan TNI.

BANDUNG - Perhitungan suara pemilihan presiden (Pilpres) 2014 pada 9 Juli lalu memasuki tahap final di Jawa Barat. KPU Jawa Barat (Jabar) telah melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News