Tim KLHK Terjun Bantu KKP di Teluk Balikpapan

Tim KLHK Terjun Bantu KKP di Teluk Balikpapan
Kebakaran kapal di Teluk Balikpapan. Foto: dok. Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar telah menugaskan Dirjen KSDAE ke area tumpahan minyak Teluk Balikpapan untuk memantau biota laut yang tercemar.

Penugasan ini untuk membantu kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang bertanggung jawab pada pengelolaan wilayah dan pesisir serta pulau-pulau kecil termasuk urusan konservasi di dalamnya.

"Saya minta Dirjen KSDAE untuk turun dan mengikuti perkembangan terkait satwa yang terdampak tumpahan minyak di Teluk Balikpapan. Karena sudah banyak yang terkena dampaknya. Saya kira biar di lapangan staf kami bekerja sama dengan KKP. Karena sumber daya hayati itu tanggungjawab KKP, tapi sisi konservasi secara keseluruhan KLHK juga bertanggung jawab," ujar Menteri Siti di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Saat ini, tuturnya, sudah ditemukan banyak satwa mati yang diduga akibat terkontaminasi tumpahan minyak tersebut.

Di antaranya ikan pesut yang ditemukan telah mati di pesisir.

"Ditemukan pesut yang mati dan saat dibedah terdapat tumpahan minyak. Yang melakukan pembedahan dokter hewan dari KKP," imbuhnya.

Menteri Siti sebelumnya sudah menurunkan tiga dirjen dari KLHK untuk turut menangani masalah Teluk Balikpapan tersebut.

Yaitu Dirjen Gakkum, Dirjen P3KLL, dan Dirjen KSDAE. Dua dirjen itu sudah diutus sejak peristiwa tumpahan minyak di Teluk Balikpapan pada Sabtu lalu.

Menteri LHK Siti Nurbaya menugaskan tiga dirjen dari KLHK untuk memantau penanganan dampak tumpahan minyak di Teluk Balikpapan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News