Tim Lomba Desa Kemendagri Lakukan Klarifikasi Lapangan di Plajan

Tim Lomba Desa Kemendagri Lakukan Klarifikasi Lapangan di Plajan
Klarifikasi lapangan yang dilaksanakan di Desa Plajan, Pakis Aji, Jepara, Jawa Tengah, merupakan salah satu tahapan untuk menilai kesesuaian data dan informasi berdasarkan dokumen hasil penilaian administrasi, dan hasil pemaparan dengan kondisi riil yang ada di lapangan. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JEPARA - Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Lomba Desa dan Kelurahan sebagai salah satu bentuk evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

Lomba tahun ini dilaksanakan dengan memerhatikan poin-poin penekanan antara lain pada inovasi yang dilakukan pemerintahan, khususnya pada tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, penggunaan e-government, optimalisasi potensi dan sumber daya, dan pelayanan publik. 

"Penilaian Lomba dilaksanakan melalui tahapan penilaian administrasi, klarisikasi lapangan pemaparan calon juara lomba dan tahapan penetapan juara," kata Koordinator Tim Klarifikasi Lapangan Andi Yuli.

Klarifikasi lapangan yang dilaksanakan di Desa Plajan, Pakis Aji, Jepara, Jawa Tengah, merupakan salah satu tahapan untuk menilai kesesuaian data dan informasi berdasarkan dokumen hasil penilaian administrasi, dan hasil pemaparan dengan kondisi riil yang ada di lapangan.

Klarifikasi dilaksanakan oleh tim pada18 Juli 2023. Turut hadir pada klarifikasi tersebut sesepuh dan tokoh masyarakat desa, perangkat desa, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta serta Kapolres dan Dandim Kabupaten Jepara.

Sebagai salah satu calon juara Lomba Desa 2023, Desa Plajan lolos untuk mengikuti penilaian klarifikasi lapangan, dan berpeluang mengikuti tahapan selanjutnya yaitu pemaparan calon juara lomba.

"Unggulan dan inovasi yang sudah dilakukan di Desa Plajan untuk terus ditingkatkan, agar dapat menjadi Desa Percontohan atau Desa Labsite bagi desa lainnya di seluruh Indonesia," pungkas Andi Yuli. (dil/jpnn)

Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Lomba Desa dan Kelurahan sebagai salah satu bentuk evaluasi dan penilaian perkembangan


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News