Rabu, 21 Februari 2018 – 15:57 WIB

Tim Serap Gabah Targetkan Tuban Jadi Proyek Percontohan

Kamis, 08 Februari 2018 – 21:58 WIB
Tim Serap Gabah Targetkan Tuban Jadi Proyek Percontohan - JPNN.COM

jpnn.com, TUBAN - Kementerian Pertanian bersama sejumlah pemangku kepentingan lainnya yang tergabung dalam tim serap gabah petani (Sergap) mengunjungi Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Tim ini dipimpin Aster KSAD Mayjen Supartodi dan Direktur Jenderal Tanaman Pangan (Ditjen TP) Kementan Sumarjo Gatot Irianto.

Kunjungan Tim Sergap disambut Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein. Di lokasi, rombongan melaksanakan peninjauan langsung persiapan panen raya pada bulan Februari ini.

“Kabupaten Tuban adalah lumbung padi nasional. Ke depan, di sini akan dijadikan pilot project pengembangan di bidang pertanian,” ucap Supartodi di hadapan petani, Kamis (8/2).

Supartodi menambahkan, kesejahteraan petani harus diprioritaskan. “Para petani jangan dipersulit, tapi harus disejahterakan,” imbuh dia.

Dia lantas memerintahkan anak buahnya untuk mendata luas sawah dan pemiliknya serta perkiraan panennya. Dengan demikian gabah yang baru dipanen bisa langsung diserap Tim Sergap.

“Petani dapat menerima langsung uang hasil panen saat itu dan juga pemerintah akan membeli semua hasil panen petani,” imbuhnya.

Sementara Wabup Tuban Noor Nahar Hussein mengatakan, produksi padi di daerahnya pada 2017 mencapai 627.774 ton. Jika dikonversi ke beras menjadi 395.122 ton.

Dari angka itu, Tuban surplus sebanyak 60,06 persen. “Hal menjadi prestasi bagi Kabupaten Tuban mengingat ketersediaan lahan pertanian yang menurun namun hasil panen mengalami peningkatan,” ungkap dia.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar