Tim Transisi, Jokowi Dinilai 3 Kali Blunder

Tim Transisi, Jokowi Dinilai 3 Kali Blunder
Tim Transisi, Jokowi Dinilai 3 Kali Blunder

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti mengatakan, Tim Transisi yang dideklarasikan Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan blunder sebanyak tiga kali. Salah satunya soal sumber biaya atau dana tim transisi yang hingga kini belum diungkap.

"Melihat besarnya cakupan kerja, sekretariat yang mentereng dan kemungkinan banyaknya pelibatan orang di dalamnya serta masa kerja yang lumayan panjang (sekitar dua bulan), sudah dapat diduga biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit," kata Ray Rangkuti, Minggu (10/8).

Menurutnya, diperlukan biaya besar untuk melancarkan seluruh aktivitas tim transisi. Sayangnya, kata dia, Jokowi, sekali ini terlihat agak enggan untuk transparan soal besaran dan sumber dananya.

"Bersikap tidak transparan, tentu akan menimbulkan pertanyaan yang berujung negatif. Oleh karenanya, ada baiknya bila Jokowi kembali memelopori semangat transparansi tersebut. Sekalipun misalnya hal itu terkait dengan dana internal," sarannya.

Berikutnya, kata dia, aktivitas tim tersebut terlihat lebih banyak soal struktur atau bahkan mungkin personalia kabinet. Pembatasan yang tidak tegas soal hak dan wewenang tim itu untuk masuk ke ranah kabinet, dinilainya menimbulkan kesan itu adalah tim bayangan kabinet.

"Sehingga ada baiknya Jokowi mulai secara aktif memfungsikan tim transisi untuk kerja-kerja yang semestinya. Yakni untuk koordinasi dengan pemerintahan yang tengah berjalan dan inventarisasi berbagai persoalan kebangsaan untuk dicarikan solusinya," ujar Ray.

Blunder selanjutnya adalah pengangkatan mantan Kepala Badan Intelejen Negara AM Hendropriyono sebagai penasihat tim transisi.

"Langkah ini blunder yang mencemaskan. Karena seolah memberi peluang pada aktor-aktor yang memiliki catatan kurang postif pada upaya yang tak boleh berhenti bagi penegakan dan penghormatan HAM," tegasnya.

JAKARTA - Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti mengatakan, Tim Transisi yang dideklarasikan Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan blunder

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News