Tim Vaksin Nusantara Siap Lanjutkan Uji Klinis Fase 3

Tim Vaksin Nusantara Siap Lanjutkan Uji Klinis Fase 3
Mayjen TNI (Purn) dr. Daniel Tjen menyatakan tim peneliti Vaksin Nusantara siap melanjutkan uji klinis fase 3.. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Salah seorang Tim Vaksin Nusantara Mayjen TNI (Purn) dr. Daniel Tjen menyampaikan berita terkini terkait vaksin yang diinisiasi oleh mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto itu.

Menurut dokter Daniel Tjen, para peneliti Vaksin Nusantara siap melanjutkan uji klinis fase 3 jika sudah ada izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Saat ini kami sedang menunggu publikasi dari uji klinis fase dua. Apabila sudah selesai, kami akan lanjut," kata Daniel.

Hal itu disampaikannya dalam webinar bertema 'Merindukan Vaksin Nusantara' yang diselenggarakan Beranda Ruang Diskusi, Rabu (6/10).

Dia berharap Vaksin Nusantara nantinya dapat digunakan oleh kelompok rentan yang dengan alasan tertentu tidak bisa menggunakan vaksin konvensional.

Sebab, katanya, keberadaan sel dendritik ini penting bagi kelompok masyarakat rentan dan belum mendapatkan perlindungan dari vaksin yang sudah ada saat ini.

Dokter Daniel memastikan tim peneliti Vaksin Nusantara akan bekerja sesuai kaidah ilmiah sebagaimana arahan pemerintah, termasuk dari Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Tim Vaksin Nusantara juga akan mengikuti aturan dalam menentukan siapa saja yang bisa menjadi sukarelawan penerima vaksin tersebut.

Mayjen TNI (Purn) dr. Daniel Tjen menyatakan tim peneliti Vaksin Nusantara siap melanjutkan uji klinis fase 3.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News