Lestari Moerdijat Sebut Vaksin Nusantara Wujud Kemandirian Bangsa

Lestari Moerdijat Sebut Vaksin Nusantara Wujud Kemandirian Bangsa
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat SS, MM. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan, perlunya mempersiapkan kemandirian bangsa untuk menghadapi tantangan menjalani norma baru keseharian di masa datang setelah pandemi Covid-19.

"Dalam menjalani norma baru pascapandemi, tentu memerlukan berbagai sarana pendukung yang diharapkan kita sebagai bangsa mampu mempersiapkannya secara mandiri," kata kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/9).

Menurut Lestari, sejumlah sarana pendukung, seperti vaksin, peralatan tes Covid-19, dan perlengkapan kesehatan lainnya diharapkan mampu dibuat bangsa sendiri.

Pembuatan vaksin nusantara dan sejumlah vaksin lain produk anak bangsa misalnya, menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, merupakan langkah antisipatif sekaligus strategis mewujudkan kemandirian bangsa.

Terobosan itu sebagai upaya membebaskan Indonesia dari Covid-19 dan sejumlah ancaman penyakit lainnya.

Selain itu, tambah Rerie, sejumlah peralatan lain seperti alat uji untuk menerapkan tes swab antigen dan PCR yang menjadi salah satu persyaratan perjalanan dan sejumlah kegiatan lainnya, juga diharapkan mampu diproduksi anak negeri.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap, momentum pandemi Covid-19 ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangun kemandirian bangsa.

Menurut Rerie, selain karena pandemi Covid-19, era disrupsi yang terjadi di dunia ini menuntut kita sebagai bangsa melakukan berbagai perubahan sikap dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong kemandirian bangsa untuk menghadapi tantangan pascapandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News